Minggu, 20 Maret 2011

Mengapa memilih open Source

Saat ini perangkat lunak open source menjadi penting bagi hampir setiap organisasi. Hampir semua memerlukan perangkat lunak open source, baik itu sistem telekomunikasi, persediaan, akuntansi, aplikasi produktivitas pribadi, kontak manajemen dan sistem operasi antara lain. Kebanyakan penggunaan software berlisensi yang asli memakan biaya sangat mahal. Pastilah kita berfikir dua kali untuk membeli lisensi asli sedangkan pemakaiannya hanya sebatas penggunaan sehari-hari saja, berbeda halnya untuk instansi resmi ataupun software house.

Beberapa keuntungan menggunakan perangkat lunak open source,yaitu :

1. Berkualitas Tinggi

Perangkat lunak open source kebanyakan software yang berkualitas tinggi. Bila Anda menggunakan perangkat lunak open source, kode sumber tersedia.Kebanyakan perangkat lunak open source yang dirancang dengan baik.Perangkat lunak open source juga dapat efisien digunakan dalam pengkodean.Alasan ini membuat perangkat lunak open source pilihan ideal untuk organisasi.

2. Tidak ada vendor lock-in

Manajer TI dalam organisasi menghadapi frustrasi konstan ketika berhadapan dengan 'vendor lock-in. Kurangnya portabilitas, biaya lisensi mahal dan ketidakmampuan untuk menyesuaikan perangkat lunak adalah beberapa kelemahan lainnya. Menggunakan perangkat lunak open source memberi anda kebebasan lebih dan Anda efektif dapat mengatasi semua kekurangan.

3. Manajemen terpadu

Dengan menggunakan perangkat lunak open source, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari manajemen terpadu. Perangkat lunak open source menggunakan teknologi, seperti, informasi model yang umum (CIM) dan manajemen perusahaan berbasis web (WBEM).Teknologi-teknologi high-end memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan dan menggabungkan server, aplikasi, layanan dan manajemen workstation. Integrasi ini akan menghasilkan administrasi yang efisien.

5. Lisensi manajemen

Bila Anda menggunakan perangkat lunak open source, Anda tidak lagi perlu khawatir mengenai lisensi. Perangkat lunak open source memungkinkan Anda untuk menginstal beberapa kali dan juga menggunakannya dari lokasi manapun. Anda akan bebas dari pemantauan, pelacakan dan penghitungan kepatuhan lisensi.

6. Biaya lebih murah

Menggunakan perangkat lunak open source dapat membantu Anda meminimalkan pengeluaran Anda. Anda dapat menghemat biaya lisensi dan biaya pemeliharaan. Biaya hanya itu Anda akan menemukan akan pengeluaran untuk dokumentasi, media dan dukungan.

7. Dukungan melimpah

Anda akan mendapatkan dukungan yang cukup saat Anda menggunakan perangkat lunak open source. Open source dukungan sebagian besar tersedia secara bebas dan dapat dengan mudah diakses melalui komunitas online.

Kelemahan dari Open Source,yaitu :

1. Tidak ada garansi dari pengembangan : Biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.

2. Masalah yang berhubungan dengan intelektual properti : Pada saat ini, beberapa negara menerima software dan algoritma yang di patenkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa motede utama untuk menyelesaikan masalah software di patenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual properti.

3. Kesulitan dalam mengetahui status project : Tidak banyak iklan bagi open source software, biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan merketing.


Sumber :

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.outsource2india.com/software/articles/open-source-software.asp
https://wiki.onehippo.com/pages/viewpage.action?pageId=2618
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_terbuka

http://awansembilan.blogspot.com/2011/03/mengapa-harus-open-source.html

0 komentar:

Posting Komentar