How To Improve My Softskill??

Kamis, 17 Juni 2010

How To Improve My Softskill??

Aktivitas diluar perkuliahan ???
Rutinitas saya sebagai seorang mahasiswa tentunya adalah mengikuti kegiatan perkuliahan. Diluar proses belajar mengajar, saya adalah seorang individu yang harus bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Untuk itu saya mengikuti banyak kegiatan.Saya pernah mengikuti paduan suara kampus. Namun karena suatu hal, saya memilih untuk tidak melanjutkannya lagi. Sekarang saya memiliki aktivitas lain, yaitu saya menjadi seorang asisten di labolatorium Fisika Dasar. Semua kegiatan selama itu positif dan baik, tidak ada salahnya jika diikuti. Suatu saat semua itu akan menjadi pengalaman berharga yang akan dikenang dan dibanggakan.
Kelebihan dan kekurangan saya menurut sahabat ???
Tidak ada manusia yang sempurna. Bicara tentang kekurangan, pastilah banyak sekali kekurangan saya. Egois dan keras kepala adalah salah satu contohnya. Bicara tentang kelebihan sangatlah relatif, Kelebihan saya menurut teman –teman saya yaitu penyabar. Meski kadang harus menahan kesabaran dan menyakiti perasaan sendiri.
Seberapa baik saya menghargai waktu ???
Setiap detak nafas adalah berharga, waktu terus berjalan tanpa bisa dikembalikan. Saya belejar menghargai waktu dengan cara membuat prioritas dan mengatur jadwal kegiatan saya. Memang terasa sulit jika sesuatu kegiatan harus direncanakan, namun semua yang telah terstruktur akan lebih terasa menyenangkan dan semua kegiatan bisa terlaksana tanpa harus dikejar-kejar sebuah deadline.

Reaksi ketika mendapat kritikan orang lain ???
Pada dasarnya setiap orang tidak ada yang suka di kritik. Namun jika sebuah kritikan itu membangun dan bisa memberi kebaikan kepada kita, why not?? Kritikan harus membangun dan jika ingin mengkritik hendaknya dengan cara yang halus. Jangan membuat orang lain tersinggung. Tujuan kritikan adalah membuat seseorang jauh lebih baik bukan?? Jangan sampai kritikan membuat kesalahpahaman yang berujung tidak baik.
Bagaimana cara anda mengkritik orang ???
Kritikan haruslah sesuai nalar dan bersifat membangun. Cara penyampaiannya pun harus beretika dan jangan sampai menyakiti hati orang yang kita kritik. Sebuah kritikan yang seharusnya membangun dan memberikan hal positif, jangan sampai malah menimbulkan kesalahpahaman dan berakibat permusuhan. Intinya berkomunikasi dengan baik, sampaikan maksud kritikan dengan halus dan jangan hanya mengkritik, tapi coba belajar menerima kritikan orang lain juga. Nobody’s perfect, ok!!!

0 komentar:

Posting Komentar